cara mengunci folder

Mungkin artikel kali ini adalah artikel yang jadul. Tapi bagi sebagian orang yang belum mengetahui atau para pendatang baru yang belum mengenal dunia komputer sepenuhnya, artikel kali ini mungkin sangat membantu dan bermanfaat untuk dipelajari.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam dunia komputer, folder merupakan sebuah wadah atau tempat yang digunakan untuk menyimpan file-file yang kita miliki. Dengan adanya folder, semua file atau data yang tersimpan dapat terorganisir dengan baik (tidak berantakan). Dengan berbagai macam kebutuhan, folderpun dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan yang aman untuk file-file pribadi yang kita miliki. Kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat Folder Locker sederhana yang mungkin bermanfaat sebagai media penyimpanan file rahasia atau pribadi kita.

Apa itu Folder Locker? Folder locker merupakan sebuah folder khusus yang telah termodifikasi sehingga hampir menyerupai berangkas rahasia. Sehingga apabila kita hendak membuka kembali folder tersebut dibutuhkan sebuah password atau kata kunci untuk membukanya. Folder Locker ini secara sederhana sangat efektif untuk menyimpan file rahasia atau file pribadi yang mungkin bagi kita sendiri tidak ingin orang lain mengetahuinya. Sebelumnya telah banyak beredar program atau software bantu yang bisa digunakan dalam hal proteksi folder semacam ini. Tapi, kali ini kita akan mencoba untuk membuat Folder Locker sederhana tanpa bantuan software apapun.

Cara membuat Folder Locker sederhana

1. Jalankan sebuah Notepad (start  program  accesoris  Notepad) pada komputer (OS Windows).

Image and video hosting by TinyPic
2. Copy kode berikut ini kemudian Paste kan pada Notepad tersebut.

@ECHO OFF
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo are you sure to lock the folder ??(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo enter Y or N
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo The Folder is locked now..
goto End
:UNLOCK
echo please enter your password..
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== 123456 goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Locker
echo congratulation, your folder is unlocked now..
goto End
:FAIL
echo you can’t open it before entering password.
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker is created
goto End
:End

3. Perhatikan, bagian text yang diberi warna merah adalah kode password yang akan kita gunakan untuk membuka (unlock) Folder Locker yang akan kita buat, sehingga apabila kita ingin membuka folder tersebut maka kita memerlukan kode password tersebut. Kita bisa mengganti kode password tersebut dengan kata kunci yang kita inginkan. Pada contoh diatas saya sudah mensettingnya dengan password yang umum atau default yaitu “123456”.

4. Simpan dan beri nama (nama boleh apa saja) pada Notepad tersebut dengan akhiran “.bat” (tanpa tanda kutip) contoh : “folder locker.bat” , atau “berangkas.bat” dll.

Cara Menggunakan Folder Locker

1. Jalankan (klik) file yang berakhiran “.bat” yang telah kita buat tadi dan perhatikan bahwa secara otomatis file tersebut akan memanggil sebuah folder baru dengan nama “locker”. Folder dengan nama “locker’ itulah yang merupakan berangkas kita untuk menyimpan file rahasia atau file pribadi kita.

Image and video hosting by TinyPic
2. Pindahkan dan letakan file pribadi atau file rahasia yang ingin kita simpan pada folder yang bertuliskan “locker” tersebut.

3. Jalankan (klik) kembali file yang berakhiran “.bat” yang kita buat tadi dan sekali lagi perhatikan bahwa kali ini pada file “.bat” tadi muncul sebuah “command prompt” yang meminta kita untuk sebuah konfirmasi “are you sure to lock the folder?”(apakah anda yakin ingin mengunci folder ini??). pada proses konfirmasi tersebut kita bisa mengetikan huruf “y” untuk menguncinya dan hurun “n” jika kita ingin membatalkannya atau tidak jadi untuk menguncinya.

Image and video hosting by TinyPic
4. Secara otomatis folder yang betuliskan “locker” tersebut akan menghilang (bersembunyi) secara ajaib pada saat kita mengkonfirmasikan atau mengetik huruf “y” pada command prompt tersebut.

5. Jalankan (klik) kembali file yang berakhiran “.bat” tersebut apabila kita ingin menampilkan atau membuka folder locker itu kembali dan silahkan memasukan password yang telah kita setting sebelumnya pada proses konfirmasi dan secara otomatis file yang berakhiran “.bat” tersebut akan memanggil kembali folder “locker” yang mana pada folder tersebut berisi file pribadi yang telah kita simpan tadi.

Image and video hosting by TinyPic
NB:

1. Pada folder locker diatas disarankan untuk tidak merubah nama folder “locker” tersebut karena dapat mengakibatkan folder tersebut tidak bisa disembunyikan.

2. Jangan memisahkan file yang berakhiran “.bat” dan folder panggilannya yang bertuliskan “locker” tersebut.

3. Disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum mencoba penggunaan folder locker ini karena apabila kita melakukan kesalahan atau masih belum paham betul tentang cara membuka atau mengunci folder ini ditakutkan file rahasia atau pribadi yang kita simpan secara gegabah akan terus tersembunyi dan sulit dikembalikan. Kita bisa lakukan uji coba pada file-file yang tidak berharga atau file umum lain (atau kita bisa langsung meletakan file-file pribadi kita tapi dengan catatan kita mempunyai backup sebelumnya pada file tersebut untuk lebih amannya) yang akan disimpan. Dan seandainya apabila kita telah berhasil dan bisa menggunakan folder locker ini dengan baik, baru kita bisa menggunakannya pada file pribadi atau file apa saja untuk disimpan.

4. Penggunakan pada folder locker yang sederhana ini tidak selamanya menjamin keamanan dan kerahasiaan file rahasia atau file pribadi yang disimpan karena bagi sebagian orang yang paham komputer atau dunia IT, kelemahan Folder Locker ini masih dapat dibaca sehingga dapat dengan mudah bisa di bongkar atau dihack. tapi untuk masyarakat yang masih awam yang belum mengetahui sepenuhnya tentang IT atau komputer, ini masih sangat efektif untuk menjamin keprivasian file yang kita simpan.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat..

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s