Windows Explorer Portable lebih Efektif (explorer ++)

Explorer++, Alternatif File Manager Multi Tab

Feb 21, 2013 by  Under Tips & Trik – 1 Comment  
Sejak pertama dikenalkan ke publik, Windows Explorer telah menjadi pilihan utama sebagai tool file manager baik oleh personal maupun bisnis. Microsoft mengemas fitur ini sedemikian rupa sehingga mudah digunakan, namun demikian dengan berkembangnya permintaan, pasar kemudian menuntut adanya berbagai fitur baru yang tidak ditemukan di Windows Explorer seperti fitur multi tab yang diklaim dapat membantu pengguna mempercepat pekerjaan mengelola folder, file dan dokumen.
Aplikasi Windows Explorer dengan banyak tab
Hingga kemudian muncul berbagai jenis aplikasi file manager yang menawarkan fitur-fitur baru demi mengisi kekurangan Windows Explorer, salah satunya adalah Explorer++ yang menonjolkan kemampuan multi tabnya yang unik.
Explorer++ pertama rilis pada Juni 2008, saat ini developer terus mengembangkan kemampuan aplikasi ini hingga  versi terbaru mereka dirilis pada 3 Februari 2013. Selain multi tab, apa sih yang ditawarkan oleh aplikasi Explorer++ ini? Jika menilik pada fitur standar Windows Explorer, Explorer++ tidak kalah karena semua fitur yang ada di Windows Explorer ada di aplikasi ini, bahkan Explorer++ mempunyai fitur tambahan yang membuat aplikasi ini lebih unik dan unggul seperi fitur multi tab dan dapat mengakses Command Prompt melalui interfacenya.
Saya akan coba memberikan ulasan lengkap tentang aplikasi ini dan bagaimana aplikasi bekerja dengan fitur multi tab yang ditawarkan. Ohya satu lagi, ternyata aplikasi Explorer++ ini bersifat Portable sehingga dapat dengan mudah digunakan di manapun Anda berada.
Download aplikasi Windows Explorer yang memiliki banyak Tab
  • Setelah aplikasi berhasil Anda download, karena aplikasi berada di dalam format ekstrak .Zip maka lakukan ekstraksi terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi WinZip. Klik kanan pada file explorer++ _1.2.5_x64.zip, arahkan kursor ke WinZip dan klik Extract to D:\folder yang sama agar lebih cepat atau Anda dapat meng-klik Extract to dan pilih folder yang Anda inginkan.
Mengelola file di Windows menggunakan aplikasi Explorer
  • Buka folder tujuan ekstrak dan buka folder explorer++ _1.3.5_x64.
Folder yang bisa dikelola dengan lebih baik dengan Explorer Plus-Plus
  • Double klik file Explorer++ untuk menjalankan aplikasi.
Software Explorer untuk mengelola file dan folder pada Windows
  • Inilah tampilan aplikasi Explorer++, untuk membuka disk pada tab baru, klik kanan pada Local Disk (D:) kemudian klik Open in New Tab.
Contoh penggunaan File Manager dengan Explorer ++
  • Sekarang Local Disk D telah terbuka di tab baru, coba buka tab baru lagi, klik kanan pada salah satu folder yang ada di Local Disk D kemudian klik Open in New Tab.
Tab pada Windows Explorer memudahkan untuk mengelola file
  • Nah, tampilan akhir akan terlihat seperti gambar di bawah ini, Anda dapat kembali membuka tab baru dengan cara yang sama di atas. Seperti tampak di dalam gambar, kita telah berhasil membuka 3 buah tab yang berisikan folder yang berbeda.
Struktur file dan folder lebih bisa dikelola dan di-manage dengan Explorer Plus-PlusDengan adanya fitur multi tab maka Anda dapat mengelola data yang terdapat di dalam local Disk dengan lebih mudah dan cepat. Karena sifat yang portable sehingga banyak pengguna memilih Explorer++ sebagai alternatif file manager. Toh fitur yang Anda dapatkan di Windows Explorer juga ada di aplikasi ini, selain itu aplikasi ini berjalan sangat ringan, berbeda jika Anda menggunakan Windows Explorer. Bagaimana, siap beralih ke Explorer++? Silahkan dicoba.

Read more: http://blog.fastncheap.com/explorer-alternatif-file-manager-multi-tab/#ixzz2LmHQXrJm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s